Posted by : Cyber Technology Kamis, 12 April 2012


DHCP ( Dynamic Host Control Protocol )
DHCP adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada yang memintanya. Komputer yang meminta IP address disebut dengan DHCP client, sedangkan komputer yang memberikan IP address dikenal dengan DCHP server.
Dengan adanya DHCP admnistrator tidak perlu lagi untuk memberikan IP address secara manual, melainkan dengan memberikan suatu referensi pada DHCP server.
IP address diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway IP address dipinjamkan dalam waktu yang dikenal dengan nama lease periode. Lease periode dapat dalam ukuran hari,jam atau menit.
DHCP berbasis arsitektur client/server jika dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan  akan mendapatkan alamat IP secara otmatis dari server DHCP. selain alamt Ip , banyak parameter jaringan yang dapat diberikan leh DHCP. Seperti default gateway dan DNS server
Cara Kerja DHCP
Karena DHCP merupakan sebuah prtol yang menggunakan arsitektur client/server , makan dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat , yakni DHCP Server dan DHCP Client.
1.      DHCP Server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat menjalankan layanan yang dapat “menyewakan” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua client yang memintanya.
2.      DHCP Client merupaka mesin yang menjalankan perangkat lunak client DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP server.
DHCP sever umumnya memiliki sekumpulan alamat yang diizinkan untuk didistribusikan kepada client, yang disebut dengan DHCP pool. Setiap client kemudian akan menyewa alamt IP dari DHCP pool ini waktu yang ditentukan oleh DHCP , biasanya sehingga beberapa hari.





1.      DHCP Discover            adalah DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP server yang aktif
2.      DHCP Offe adalah DHCP server menawarkan sebuat alamat kepada DHCP client
3.      DHCP request adalah Client meminta DHCP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP pool pada DHCP server yang bersangkutan
4.      DHCP server akan merspon permintaan dari client dengan mengirimkan paket acknowledgment.
Istilah-Istilah DHCP
1.      DHCP Scope    : alamat-alamat IP yang dapat disewakan kepada DHCP client
2.      DHCP Lease     : batas waktu penyewaan alamt IP yang diberikan kepada DHCP client oleh DHCP server MAX : 3hari
3.      DHCP Option   : penambahan pengaturan alamt IP yang diberikan oleh DHCP server ke DHCP client  

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. based on the dhcp article, the research could be a reference link below

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2181/1/02-03-004-IP_Mobile%5BArum%5D.pdf
    thank you

    BalasHapus

Pages

Cyber Technology. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

Contributors

Foto Saya
just for fun play game RPG and VMMORPG , keep calm ^^

Copyright © Cyber Technology -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Cyber Technology